Memilih sekolah lanjutan setelah SMP


Karir ? Apa anda mengerti apa itu karir ? Pernah kah anda memikirkan tentang karir ? Mengapa semua individu termasuk anda membutuhkan karir ? Jangan takut untuk menentukan pilihan untuk ber karir. Karena hanya diri kita sendiri yang bisa memilih dan menjalankan sebuah kehidupan, maka jangan bingung pilih yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.



                            


                          Memilih sekolah lanjutan setelah SMP 



     A. Hampir semua siswa yang belajar di SMP  memiliki kecenderungan untuk melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi lagi. Berdasarkan wawancara yang terdokumentasikan dalam daftar siswa yang memilih sekolah lanjutan SMA dan SMK dari tahun-tahun sebelumnya sampai sekarang terdapat hampir 100% siswa memilih SMA maupun SMK. Kurang dari 10 %  siswa yang memilih lanjutan studi selain SMA/SMK. 
B.    Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan lanjutan studi 
      Secara umum faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan karir siswa adalah sebagai berikut:
1.      Faktor internal:
a.       Nilai kehidupan
Yaitu kaidah yang diyakini dan dapat mengarahkan kecenderungan seseorang untuk berharap sesuatu. Dapat disebut juga sebagai kondisi ideal yang menjadi harapan orang. Oleh karena itu nilai dapat menjadi pedoman dan pegangan hidup orang sampai tua dan sangat menentukan gaya hidup seseorang. Orang yang memiliki nilai ekonomi akan berbeda dengan yang memiliki nilai kesehatan. Orang yang memiliki nilai ekonomi, dalam bekerja yang utama dapat uang banyak walaupun resiko terkena sakit menjadi inggi. Begitu juga orang yang memiliki nilai kesehatan akan memilih pekerjaan yang membuat hidupnya sehat walaupun uang yang didapat relative rendah.
b.      Intelegensi
Yaitu kemampuan untuk menetapkan dan mempertahankan suatu tujuan, mengadakan penyesuaian, dan menilai keadaan dalam  rangka pencapaian tujuan itu secara obyektif.
c.       Bakat
Yaitu kemampuan khusus yang dapat menjadi bekal untuk melakukan  pekerjaan tertentu dan mencapai tingkatan yang lebih tinggi dari  sebelumnya.
d.      Minat
Yaitu kecenderungan rasa suka seseorang pada suatu bidang. Minat ini akan menentukan perencanaan masa depan seseorang sehubungan dengan  kegiatan/pelajaran/pekerjaan yang ingin diraihnya.
e.       Kepribadian
Yaitu sifat-sifat yang memberi corak khusus pada seseorang yang secara tidak langsung akan menentukan cocok tidaknya seseorang dalam bidang tertentu.
2.      Faktor-faktor eksternal
a.       Masyarakat
Yaitu lingkungan sosial budaya di mana remaja dibesarkan, semua ini akan berpengaruh pada pandangan cocok tidaknya individu dalam bidang pekerjaan tertentu. Contoh; ada sekelompok masyarakat tententu yang menganggap tabu kalau anak perempuannya memperdalam bidang teknik.  Ada juga masyarakat yang menganggap tabu anak laki-lakinya memperdalam ilmu kesehatan bidang kecantikan atau bahkan kandungan.
b.      Keadaan sosial ekonomi
yaitu laju pertumbuhan ekonomi, stratifikasi masyarakat berdasarkan golongan ekonomi, diversifikasi  masyarakat berdasarkan  kelompok terbuka dan tertutup akan ikut mempengaruhi karir remaja. Contoh, siswa yang berasal dari lingkungan masyarakat yang menghuni komplek perumahan mewah/elit akan terpengaruh oleh gaya hidup yang pada gilirannya dapat berdampak positif maupun negaif. Begitu pula siswa yang berasal dari lingkungan yang berpendidikan tinggi atau di lingkungan komplek pendidikan tinggi tentu akan merasa terpengaruh dan terpacu untuk mencapai pendidikan tinggi.
c.       Teman
Dalam memilih sekolah lanjutan baik itu SMA/SMK, anak – anak cenderung ikut – ikutan teman – temannya. Walaupun sebenarnya dia tidak kompetensi – kompetensi tertentu sesuai sekolah yang dimasuki. Asalkan selalu bersama teman- temannya saja itu sudah cukup.

                                                                PUASTAKA TERAPI
2.   http://www.balipost.co.id/balipostcetaK/2003/5/18/kel1.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Konsling. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

DENSO.SONED BK B

Yogykarta, DIY, Indonesia