Jendela Johari


PENGENALAN DIRI MELALUI JENDELA JOHARI

Sudahkah anda mengenal diri anda? 
Tahukah anda apa itu jendela johari???? 
Apa hubungan jendela johari dengan diri anda? 
Baik, bagi yang ingin lebih mengenal pribadi masing-masing tidak ada salahnya kita mempelajari jendela johari. Sebenarnya, apa sih jendela johari itu?? Jendela Johari dikembangkan oleh Joseph Lufh dan Harry Ingham (sehingga bernama Johari). Jendela joharu merupakan Kerangka analisis hubungan yang menggambarkan sebuah jendela yang mencerminkan ‘jendela komunikasi dan transformasi’ dalam proses memberi dan menerima umpan balik, baik berbentuk informasi, pujian maupun kritik dari orang lain untuk kepentingan pengembangan kepribadian seseorang.
Jendela Johari merupakan hubungan dari pola berikut ini :

I
(ST-OT)
OPEN SELF
II
(STT-OT)
BLIND SELF
III
(ST-OTT)
HIDDEN SELF
IV
(STT-OTT)
UNDISCOVERED SELF









I.                   Daerah Pribadi Terbuka (Open Self)
Merupakan jendela saya tahu dan orang lain tahu, yaitu orang mengenal dirinya sendiri dan orang lain. Open self merupakan bagian diri yang menyajikan semua informasi, perilaku, sifat, perasaan, keinginan, motivasi, dan ide yang diketahui oleh diri pribadi dan orang lain. Pada keadaan hubungan seperti ini, terdapat keterbukaan, kesesuaian, dan sedikit alasan untuk bersikap defensif (ngotot). Daerah ini merupakan daerah ideal yang mencerminkan kepribadian seseorang yang mau menberi dan menerima saran dan kritik dari orang lain. Makin kecil bagian open self, makin buruk komunikasi berlangsung.

II.                Daerah Pribadi Buta (Blind Self)
Merupakan daerah ‘Saya tidak Tahu’ dan ‘Orang lain Tahu’, sehingga daerah ini disebut daerah buta (Blind Self). Dalam daerah ini, orang mengenal pribadi orang lain tetapi tidak mengenal dirinya sendiri. Daerah ini mencerminkan kepribadian seseorang yang hanya mau mengkritik, tetapi tidak mau menerima saran/kritik orang lain. Kepribadian yang keras kepala dan cenderung defensif. Adanya daerah buta menyebabkan komunikasi menjadi tidak efektif.

III.             Daerah Pribadi Tersembunyi (Hidden Self)
Merupakan daerah ‘Saya Tahu’ dan orang lain ‘tidak tahu’ sehingga daerah ini disebut daerah tersembunyi. Daerah ini berisi segala sesuatu mengenai diri pribadi yang diketahui diri yang bersangkutan hanya untuk dirinya sendiri. Denagn kata lain, orang mengenal dirinya sendiri tetapi diri orang yang bersangkutan tidak dikenal oleh orang lain. Hasilnya adalah bahwa orang tersebut tetap tersembunyi dari orang lain karena rasa takut terhadap kemungkina reaksi orang lain. Pribadi yang pada posisi ini akan menjaga sikap, pemikiran dan perasaannya sebagai sesuatu yang rahasia.dan tidak akan membuka kepada orang lain. Daerah ini mencerminkan kepribadian yang hanya mau meminta saran/informasi dari orang lain, tetapi tidak mau sedikit berbagi saran dengan orang lain.

IV.             Daerah Pribadi tak dikenal (Undiscovered Self)
Merupakan daerah ‘Saya Tidak Tahu’ dan ‘Orang Lain Tidak Tahu’, sehingga daerah ini disebut daerah misteri (unknown area). Secara potensial merupakan situasi yang paling eksplosit. Orang tidak mengenal, baik dirinya sendiri maupun orang lain. Pribadi pada daerah ini memperlihatkan perasaan, pemikiran maupun tingkah lakubaik dirinya maupun orang lain tidak tahu.
                                           
KESIMPULAN DARI JENDELA JOHARI

Apabila seseorang menghendaki segala ide, perasaan, maupun tingkah lakunya diterima oleh orang lain maka daerah I (daerah terbuka) harus terbuka lebar. Dan janganlah terlalu berharap akan penghargaan tinggi terhadap diri dari orang lain. Suatu cara penurunan ‘pribadi tersembunyi’ dan peningkatan ‘pribadi tebuka’ adalah melalui proses penyingkapan diri ( membuka diri), yaitu dengan lebih mempercayai orang lain dan mengutarakan informasi diri kepada orang lain. Untuk mengurangi ‘pribadi buta’dan pada saat yang sama meningkatkan ‘pribadi terbuka’ seorang individu haruslah mau menerima masukan dari orang lain, dan menggunakan umpan balik tersebut untuk meningkatkan ataupun merubah pribadi dirinya sendiri.


Sumber : Hutagalung,Inge.2007.Pengembangan Kepribadian.Jakarta:PT INDEKS
 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

(y)

Poskan Komentar

Konsling. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

DENSO.SONED BK B

Yogykarta, DIY, Indonesia