BERKOMUNIKASI EFEKTIF
Tahukah anda apa itu komunikasi???
Pentingkah komunikasi itu sebenarnya??
Apakah manusia hanya membutuhkan komunikasi yang biasa saja?

Untuk itu, individu
haruslah senantiasa mengingat kiat dalam berkomunikasi yaitu :
a.
Senantiasa berupaya untuk menyenangkan
orang lain (always try to please somebody)
b.
Junjung tinggi adat
budaya/norma susila dimana anda berada (if you are in rome, do as a roman do)
Agar dapat berkomunukasi dengan efektif maka perlu adanya etika berkomunikasi lho..
Agar dapat berkomunukasi dengan efektif maka perlu adanya etika berkomunikasi lho..
etika tersebut antara lain adalah :
a.
Lihatlah lawan bicara
Tataplah dan
lihatlah lawan bicara dengan pandangan bersahabat, jangan menoleh ke kiri atau
ke kanan selama pembicaraan berlangsung yang mengesankan menjenuhkan ataupun
menggelisahkan terhadap lawan bicara. Karena hal ini, akan menimbulkan
ketersinggungan. Pandangan ditujukan pada arah kening atau diantara kedua mata lawan
bicara dengan tatapan mata yang teduh.
b.
Suara harus terdengar jelas
Jika berkomunikasi
dengan orang lain, suara yang dikeluarkan harus jelas terdengar. Jangan
bergumun (seperti orang sedang mengunyah makanan dimulut ) ataupun terlalu
keras/berteriak(seakan dalam keadaan marah)
c.
Ekspresi wajah yang
menyenangkan
Wajah adalah cerminan hati. Jika selama berkomunikasi menampakan
wajah cemberut maka hal ini menggambarkan sikap anda yang tidak bersahabat
dengan lawan bicara. Untuk itu, tampilkanlah ekspresi wajah yang bersahabat.
Jangan menampilkan wajah mesum dan genit jika ingin mendapatkan citra diri yang
positif dari lawan bicara.
d.
Tata bahasa yang baik
Gunakanlah bahasa
yang sesuai dengan kondisi dan situasi selama berkomunikasi berlangsung. Misal
: jika berbicara dengan preman gunakanlah bahasa preman. Dan jika berbicara
dengan balita gunakanlah bahasa anak-anak yang penuh dengan kemanjaan dan
keceriaan.
e.
Pembicaraan mudah dimengerti,
singkat dan jelas
Selama berkomunikasi
berlangsung selain tata bahasa perhatikan pula susunan kata yang di ucapkan. Jangan
terlalu panjang, berbelit-belit, susah untuk dipahami. Misal : seseorang
bertanya tentang ruangan administrasi, maka anda menjawab : “ ibu, jalan terus
nanti ketemu tiang biru belok ke kanan, jalan terus, ketemu tong sampah merah
jalan tiga langkah terus ke kanan, ke kiri, terus, belok ke kanan, ke kiri
lagi, nah…. Di sana bu tanya satpam”.
Bayangkan betapa
bingungnya ibu yang bertanya mendengarkan jawaban anda.
Dari penjelasan diatas, jika masing-masing individu dapat melakukan etika berkomunikasi dengan baik, maka akan terciptalah komunikasi yang efektif...
Selamat mencoba...
Dari penjelasan diatas, jika masing-masing individu dapat melakukan etika berkomunikasi dengan baik, maka akan terciptalah komunikasi yang efektif...
Selamat mencoba...
Sumber : Hutagalung,Inge.2007.Pengembangan
Kepribadian.Jakarta:PT INDEKS
0 komentar:
Posting Komentar